Wednesday, September 10, 2014

Batara Yama bertanya dan Yudhistira menjawab

"Apa yang menyebabkan matahari bersinar setiap hari?", "Kekuatan Brahman."
"Apa yang menyelamatkan manusai dari mara bahaya?", "Keberanianlah yang menyelamatkan manusia dari mara bahaya."
"Ilmu apakah yang bisa membuat manusia bijaksana?", "Untuk menjadi bijaksana, tidak cukup hanya dengan membaca kitab-kitab. Dengan bergaul dengan orang-orang bijak, orang bisa mendapatkan kebijaksanaan."
"Apakah yang lebih mulia dan lebih menghidupi manusia daripada bumi ini?", "Ibu, yang melahirkan dan membesarkan anak-anaknya, lebih mulia dan memberikan kehidupan yang lebih besar daripada bumi ini."
"Apakah yang lebih tinggi daripada langit?", "Bapak."
"Apakah yang lebih cepat daripada angin?", "Pikiran."
"Apakah yang lebih berbahaya daripada jerami kering pada musim panas?, "Hati yang dilanda nestapa."
"Apakah yang menemani seorang pengembara?", "Kemauan belajar."
"Siapakah yang menemani seorang laki-laki di rumah?", "Istri."
"Siapakah yang menemani manusia dalam kematian?", "Dharma. Hanya Dharmalah yang menemani jiwa dalam perjalanan suci setelah kematian."
"Perahu apakah yang paling besar?", "Bumi, yang menampung segala isinya dalam dirinya sendiri adalah perahu terbesar."
"Apakah kebahagiaan itu?", "Kebahagiaan adalah buah dari perbuataan baik."
"Apakah yang jika ditinggalkan, manusia akan membuatnya dicintai sesama?", "Keangkuhan. Dengan meninggalkan keangkuhan, manusia akan dicintai sesama."
"Kehilangan apakah yang membuat orang bisa bahagia dan tidak sedih?", "Amarah, dengan menghilangkan amarah, manusia tidak akan dikejar kesedihan."
"Apakah yang harus ditinggalkan manusia supaya menjadi kaya?", "Dengan meninggalkan hawa nafsu, manusia akan menjadi kaya."
"Apakah yang membuat seseorang menjadi brahmana sejati? Apakah kelahiran, kelakuan baik, atau pendidikan? Jawab dengan tegas!", "Kelahiran dan pendidikan tidak membuat orang menjadi brahmana. Setinggi apapun pendidikan orang jika diperbudak oleh kebiasaan jelek, orang itu bukan brahmana. Meskipun telah menguasai kitab Weda, jika kelakuannya buruk, tidak pantas disebut brahmana."
"Apakah yang paling mengherankan di dunia ini?", "Setiap hari orang melihat orang pergi menghadap Batara Yama, tapi orang-orang masih saja berusaha untuk hidup lebih lama lagi. Inilah yang paling mengherankan di dunia ini."

Dikutip dari "Kitab Epos Mahabharata" oleh C. Rajagopalachari, bab Telaga Ajaib, hal 198-199

No comments:

Post a Comment